Rabu, 16 April 2008

Penyebab Dasar Kecelakaan ( lanjutan artikel unsafe …….)

Sebuah teori menyebutkan 98 % kecelakaan masuk kategori dapat dikontrol , sedang 2% sisanya adalah Kuasa Yang Maha Tinggi . Di dunia ini banyak terdapat sistem managemen keselamatan , jika anda menemukan angka prosentase yang berbeda dari angka diatas jangan terlalu dipermasalahkan . Intinya adalah bahwa kecelakaan itu bisa dicegah dan bahaya itu bisa dikenali dan dikendalikan .

Masih menggunakan sumber yang sama , penyebab dasar dikategorikan dua kelompok faktor , sebagai berikut :

Faktor Personal
Penyebab – penyebab yang berasal dari dalam diri pekerja yang tidak terlepas dari kondisi fisik , mental , latar belakang budaya dan sosial dari pelaku pekerjaan bersangkutan . Sebagian contoh seperti :

- kurang kemampuan pada pekerja baik fisik / mental

- Kurang pengetahuan

- Stres fisik atau stres mental

- Motivasi kerja yang keliru

- dll

Waspadai , apakah dalam diri kita dan sekitarnya terdapat potensi – potensi penyebab dasar , mulai kenali dan kontrol untuk meminimalkan resiko .


Faktor Pekerjaan
Cakupannya lebih luas , karena melibatkan struktur organisasi dan fungsinya , peralatan dan perawatannya, sistem atau standard , aplikasi . Lebih jelasnya adalah segala sesuatu yang terlibat didalam end-to-end proses dari suatu aktivitas pekerjaan mulai dari pengawasan ,pengadaan , pemeliharaan , penerapan , standard operasional prosedur . Hal hal diatas akan menjadi pemicu kecelakaan kategori faktor pekerjaan apabila ( hanya sebagai contoh ) :

- pengawasan suatu tahap pekerjaan yang tidak memadai

- system perawatan alat yang tidak laik

- tidak adanya system prosedur pekerjaan

- salah aplikasi suatu alat

Dari kejadian kecelakaan ditanah air yang disiarkan oleh televisi ( kecelakaan transportasi baik darta, laut,udara serta kecelakaan lain ) nampaknya kalau kita cermati disebabkan tidak jauh dari faktor – faktor yang ada seperti diatas.

Tetap semangat dan jayalah industri Indonesia !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar