Senin, 21 Juli 2008

Penghargaan

Penghargaan adalah sebuah bentuk apresiasi kepada suatu prestasi tertentu yang diberikan baik oleh perorangan ataupun suatu lembaga . Penghargaan dapat berupa materi ataupun non materi , namun tetap memberikan kebanggaan bagi siapa saja yang menerimanya .
Berbicara dalam konteks yang lebih luas negara kita juga memberikan penghargaan bagi warga / lembaga yang dianggap berprestasi entah dalam bentuk pengabdian loyal pada negara ataupun berprestasi karena dianggap mampu mengangkat martabat bangsa di dunia internasional.

Cakupan penerima penghargaan dari negara juga cukup luas mulai dari petani , pedagang , pegawai pemerintah , tentara , akademisi , peneliti , profesional , olahragawan dan banyak lagi profesi lainnya.

Sebuah Cerita
Satu cerita dari orang dekat saya berkenaan dengan penghargaan dari negara yang diterimanya . Biasanya orang akan begitu bangga jika mendapatkan penghargaan entah itu medali , lencana , piagam terlebih penghargaan itu datang dari sebuah lembaga yang namanya negara .

Bermula saat saya tanyakan keberadaan beberapa lembar piagam yang biasanya nangkring rapi didinding dekat rak buku , tapi kini tidak kelihatan jejaknya . Jawaban dari yang empunya ternyata cukup sederhana , piagam – piagam tersebut saat ini telah dikubur dalam tanah karena tidak juga bisa untuk membeli barang kebutuhan pokok seperti beras , minyak , dll .

Padahal beberapa piagam datang dari orang nomor satu negeri ini dari beberapa generasi mulai orde baru hingga orde reformasi . Namun kini saat empunya sudah purna tugas, piagam – piagam tersebut justru merana keberadaannya .

Cerita diatas mungkin hanya satu bagian dari sekian potret putra bangsa. Cerita lebih sedih lagi sudah sering terdengar dan seakan tidak ada respon . bagaimana seseorang yang sudah mengorbankan masa remaja demi martabat bangsa dan negara diajang olahraga , politik , pertahanan dan keamanan namun setelah masa kejayaan berakhir apa yang didapat dan dialaminya …? . Memang tidak bisa dipukul rata karena ada juga yang hidup sangat mapan tapi setidaknya masih ada yang tersisa untuk diperhatikan .

Saya tidak akan mengatakan bahwa orang cenderung mengedepankan materi , tapi begitulah kebutuhan praktis manusia salah satunya adalah materi . Karena alasan inilah yang kadang mendorong seseorang lebih memilih orientasi materi .

Para ahli lebih memilih bergabung dengan perusahaan raksasa dengan imbalan menggiurkan daripada berdiam di lab milik negara yang dananya sangat terbatas . Bahkan sebuah penemuan spektakuler dalam bidang astronomi yaitu ditemukannya sebuah planet diluar tata surya yang sudah ada adalah putra Indonesia namun melakukan riset di dan atas biaya luar negeri. Kelak klaim atas penemuan spektakuler tersebut adalah negara donatur atau lembaga risetnya , bukan negara asal ilmuwan .

Fungsi Ganda
Tidak ada yang salah dari kasus – kasus yang saya ambil contoh diatas . Karena semua manusia membutuhkan materi dengan segala kapasitasnya , jadi menghubungkan judul diatas dengan bentuk materi sah – sah saja .

Saya pribadi bermimpi ada sebuah piagam penghargaan yang dapat berfungsi ganda , satu sisi piagam tersebut bisa dijadikan bukti prestise akan prestasi yang diraih namun disaat kondisi mendesak bisa bernilai ekonomis . Sehingga bisa dijadikan stimulan bagi putra – putri terbaik bangsa di segala lini untuk berbuat maksimal dan terbaik bagi nusa dan bangsa tanpa keraguan akan hari esoknya .

3 komentar:

  1. Penghargaan, adalah suatu bentuk pujian. Saya pribadi selalu menghindar dari yg satu ini. Apalah artinya sebuah pujian apalagi kalau sampai direkayasa agar mendapatkan penghargaan. Saya rasa yang penting berprestasilah jangan mengharap penghargaan manusia, tapi mari berlomba berharap ridho Allah berharap pujian dan penghargaanNya.
    Wass

    BalasHapus
  2. Betul..betul sekali Pak ,

    wassalam,
    Raf

    BalasHapus
  3. atas pengabdian 25 th kerja, teman saya mendptkan 10 gram medali emas dg logo perusahaan
    dilego ketika pensiun
    utk beli sepeda, buat bersenang-senang dg tman2 sesama pensiunan
    biking for fun

    BalasHapus