Jumat, 27 Juni 2008

Libur Telah Tiba

Selain hari raya idhul fitri ,cuti adalah ritual tahunan yang sangat aku tunggu . Setelah sekian lama berjibaku dengan rutinitas yang seakan membuat microchip otak full memori. Kini saatnya relaksasi.

Seperti waktu – waktu lalu , saat inipun aku memilih Purworejo kota tercinta sebagai tujuan berlibur murah meriah karena tidak perlu menginap di hotel. Sebab untuk wisatawan kelas “backpacker” seperti aku harus irit ongkos liburan. Tiga pekan menumpahkan rindu pada purworejo seakan tak cukup .

Ritual selalu dimulai dari sowan kepada orang tua , berkumpul bersama keluarga . Baru setelah hari ketiga mulai meninjau agenda – agenda liburan yang sudah disusun sebulan sebelumnya . Mulai dari mengunjungi gubuk untuk sekedar memotong rumput halaman , menyapu lantai , tanam bunga , memeriksa kondisi atap . Kemudian dilanjutkan acara “blusukan “ ke pasar , sawah , keliling pedesaan , makan bakso , minum dawet ah ….seperti sudah agenda tetap

Saat ini ada agenda tambahan yaitu meng-identifikasi titik koordinat daerah asal pakar – pakar blogger Purworejo yang saat ini sedang bertebaran diseluruh penjuru tanah air bahkan penjuru dunia .

Karena saat blusukan itu aku sering mendapatkan pelajaran tentang makna hidup. Seperti saat berdialog dengan ibu penjual dawet , bagaimana beliau bercerita tentang usaha untuk survive dengan segala kondisi dan keterbatasan. Atau seorang ibu yang tidak tahu apa dan mengapa harus ada pemilihan gubernur. Aduh dunia ini penuh warna

Satu lagi liburan istimewa kali ini , karena bertepatan putaran euro 2008 menonton jadi tidak masalah karena besoknya tidak perlu ngantor . Cuma sayang Purworejo lagi kena imbas krisis energi , sering mati lampu .

Namun jika datang waktu “re-confirm “ tiket untuk kembali ..aduh beratnya hati …tapi mau bagaimana lagi ….wong nasiku ada disana kok . Hidup kan cuma sak dremo nglampahi urip , lakukan saja selagi bisa , semoga akan menjadi kenangan sepanjang masa ( eh ..kok kalimatnya pinjaman semua ...sudah ijin belum ..?).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar