Rabu, 30 April 2008

All English Final

Tahun ini liga Inggris semakin menunjukkan sebagai liga paling ketat dan elit didunia dengan menghadirkan final sesama inggris dipentas liga champion . Saya sendiri sudah lupa kapan terakhir kali nonton gelaran pertandingan liga champion. Karena waktu tayang yang tidak sesuai dengan siklus waktu di Indonesia , jadinya saya lebih sering menyaksikan liga Indonesia . Namun begitu saya selalu berusaha mengikuti pernik sepakbola dunia dengan berbagai cara.

Kembali ke liga champion eropa , saat ini Manchester United sudah “ menunggu “ di Moskow calon lawan mereka di final . Akankah partai final berupa merah total atau merah biru …?

Partai semifinal lain nanti malam baru akan berlangsung di Stamford Bridge , London , mementaskan antara tuan rumah Chelsea dan tamunya Liverpool . Pertandingan ini penuh emosi dan ambisi kedua kubu.

Chelsea berambisi memutus matai rantai kalah disemifinal liga champion selama ini , sekaligus menuntaskan emosi karena ternyata Liverpool - lah yang paling sering menjegal mereka .

Sementara Liverpool berambisi menjadi yang terbaik dari inggris dikancah liga champion setelah lima kali jawara dan juga tahun ini inilah satu satunya harapan trophi Rafa & pasukannya .

Rafa akan menerapkan serangan dahsyat dengan stok bomber yang bagus serta lebih fresh karena tidak diturunkan di primiership , sementara lapangan tengah the blues dominan dengan bercokolnya Ballack , Lampard , Eissien . Melihat perjalanan ke semifinal , dan kondisi team terakhir rasanya final akan menjadi merah total

Lebih baik siapkan tiket ke Moskow segera , karena mau merah total atau biru merah tetap menarik ditonton

Jangan sampai kehabisan tiket..

Read More..

Selasa, 22 April 2008

Wah..Ternyata Aku Pemalas Yaa..

Kenapa aku begitu merasa sebagai pemalas...? Ya , karena aku punya hobby membeli buku tapi nggak pernah menyempatkan waktu untuk membacanya . Walhasil hanya jadi pajangan lemari saja . Bahkan ada beberapa buku yang mungkin hanya 1/4 isi saja yang dibaca , bukannya sudah memahami isi keseluruhan tapi yaa karena malas tadi.

Sebenarnya memang kadang waktu luang saja yang begitu sempit rasanya , seperti untuk blogger yang biasanya aku buka seminggu sekali...

Walupun nggak sempat baca buku , tapi kalau ingin mencari referensi sudah ada , itu saja yang melegakan ku

Read More..

Rabu, 16 April 2008

Penyebab Dasar Kecelakaan ( lanjutan artikel unsafe …….)

Sebuah teori menyebutkan 98 % kecelakaan masuk kategori dapat dikontrol , sedang 2% sisanya adalah Kuasa Yang Maha Tinggi . Di dunia ini banyak terdapat sistem managemen keselamatan , jika anda menemukan angka prosentase yang berbeda dari angka diatas jangan terlalu dipermasalahkan . Intinya adalah bahwa kecelakaan itu bisa dicegah dan bahaya itu bisa dikenali dan dikendalikan .

Masih menggunakan sumber yang sama , penyebab dasar dikategorikan dua kelompok faktor , sebagai berikut :

Faktor Personal
Penyebab – penyebab yang berasal dari dalam diri pekerja yang tidak terlepas dari kondisi fisik , mental , latar belakang budaya dan sosial dari pelaku pekerjaan bersangkutan . Sebagian contoh seperti :

- kurang kemampuan pada pekerja baik fisik / mental

- Kurang pengetahuan

- Stres fisik atau stres mental

- Motivasi kerja yang keliru

- dll

Waspadai , apakah dalam diri kita dan sekitarnya terdapat potensi – potensi penyebab dasar , mulai kenali dan kontrol untuk meminimalkan resiko .


Faktor Pekerjaan
Cakupannya lebih luas , karena melibatkan struktur organisasi dan fungsinya , peralatan dan perawatannya, sistem atau standard , aplikasi . Lebih jelasnya adalah segala sesuatu yang terlibat didalam end-to-end proses dari suatu aktivitas pekerjaan mulai dari pengawasan ,pengadaan , pemeliharaan , penerapan , standard operasional prosedur . Hal hal diatas akan menjadi pemicu kecelakaan kategori faktor pekerjaan apabila ( hanya sebagai contoh ) :

- pengawasan suatu tahap pekerjaan yang tidak memadai

- system perawatan alat yang tidak laik

- tidak adanya system prosedur pekerjaan

- salah aplikasi suatu alat

Dari kejadian kecelakaan ditanah air yang disiarkan oleh televisi ( kecelakaan transportasi baik darta, laut,udara serta kecelakaan lain ) nampaknya kalau kita cermati disebabkan tidak jauh dari faktor – faktor yang ada seperti diatas.

Tetap semangat dan jayalah industri Indonesia !!!

Read More..

Selasa, 08 April 2008

Formula One dan kompetisinya

Saat terdengar kata F1 yang muncul dibenak kita adalah , raungan mesin yang melengking karena putaran berkisar 19.000 rpm dalam kondisi high idle , bentuk mobil yang spesifik , waktu dan akurasi yang sangat berharga, dan semuanya yang serba nomor satu dan serba mahal .

Ya , memang sangat mahal untuk membangun team F1. Sehingga ada beberapa team kecil tiap tahun berganti nama ataupun kepemilikan . Teknologi jangan ditanya , memadukan durability dan kecepatan adalah hal yang sangat njlimet perhitugannya.

Namun kalau biaya mahal dan hi-tech tidak menghasilkan persaingan kompetisi ketat , akan terasa hambar bagi penonton . Apalagi awam seperti saya . Itulah PR terberat bagi FIA membuat kompetisi ketat dan sehat , serta kelangsungan hidup tim – tim kecil .

Dalam usaha memperketat kompetisi , salah satunya melalui regulasi . Pada musim 2008 ini dua dari sekian banyak regulasi baru setidaknya meng-indikasikan hal diatas

Launch control & Traction control
Dua piranti yang membantu pembalap saat start dan menikung ( untuk menghindarkan overspeed ban belakang ) tahun ini dilarang . Sehingga skill pembalap betul – betul dibutuhkan untuk mengendalikan tenga mesin yang liar , juga berarti memangkas cost yang lumayan ( bagi tim kecil ) karena tidak perlu memasang piranti tambahan yang kadang malah membuat trouble selama balapan .

Sampai seri ketiga , memang kepulan asap ban saat start dan mobil yang melintir ditikungan boleh dibilang sedikit . Mungkin karena pembalap besar menyebar dari tim besar sampai tim kecil . Lihatlah seperti :

  • Giarcarlo Fisichella yang piawai menggawangi Force India
  • David Coulthard yang sarat pengalaman menggeber Red Bull
  • Jarno Truli sangat dibutuhkan oleh Toyota
  • Rubens Barichello bertugas mengembagkan Honda
  • Dll

Walau sampai saat ini tim besar mendominasi , setidaknya jumlah pembalap yang yang masuk garis finish banyak .

Electronic Control Unit
Piranti lunak sebagai otak engine ( mesin ) tahun ini diseragamkan dan disupply oleh FIA . Kesulitannya adalah mengenali daya tahan ECU tersebut dan menyesuaikannya dengan speed dan power yang dibutuhkan dari masing – masing tim. Ferrari sudah merasakannya saat di Melbourne .

Masih banyak seri tersisa , kuda hitam mulai muncul , setidaknya melawan dominasi persaingan dua tim besar Ferrari dan Mc Laren . Ya, BMW Sauber sampai seri ketiga selalu menempatkan pembalapnya secara bergantian dipodium . Terus geliat tim Williams yang ingin meraih kembali kejayaan sebagai tim elit juga tim Renault yang tahun ini kembali dihuni pembalap juara dunia Fernando Alonso.

Kompetisi akan menarik, jangan sampai ketinggalan menyaksikan sejarah di pentas balap F1 tahun ini .

Read More..

Rabu, 02 April 2008

( Unsafe act ) dan ( Unsafe condition ) sebagai penyebab langsung


Menyimak data diatas cukup membuat hati berdebar . Memang tidak dirinci lapangan kerja apa yang memberikan kontribusi terbanyak . Selama kita masih kerja berarti kita bisa disebut sebagai “karyawan “ baik sebagai blue collar ataupun white collar , karyawan pemerintahan ataupun karyawan swasta , kantoran ataupun lapangan, bekerja untuk sendiri ataupun bekerja untuk orang lain. Selama itu pula bahaya ditempat kerja mengintai dengan bobot dan probabilitas yang berbeda.

Kecelakaan kerja akan muncul karena adanya bahaya ( hazard ) ditempat kerja , dan pekerja dalam kondisi beresiko ( risk ) terpapar ( exposure ) bahaya tersebut . Apabila terjadi kontak langsung dan diluar daya tahan badan maka terjadilah cidera .

Bagaimana kecelakaan terjadi..? karena adanya penyebab langsung dan penyebab dasar . Namun begitu Frank Bird berdasarkan “Teori Domino Heinrich “ menambahkan teori diatas dengan menggambarkan hubungan langsung management dengan penyebab kecelakaan . Kasarnya jika dalam suatu organisasi K3 dimana didalamnya management tidak punya komitmen dan kontrol yang baik maka potensial lebih besar terjadi kecelakaan .

Direktorat teknik dan lingkungan mineral ,batubara dan gas bumi dalam buku diklatnya menjelaskan diagram Frank Bird sebagai berikut :




Penyebab langsung
Saya tertarik untuk mulai dari penyebab langsung , karena erat kaitannya dengan keberadaan pekerja dan tingkah lakunya. Penyebab langsung terdiri dari :

Unsafe act ( tindakan tidak aman )
Semua tingkah laku pekerja yang memungkinkan pemaparan terhadap bahaya , contohnya seperti ;
- tidak mengenakan Alat Pelindung Diri secara tepat
- berkendaraan melebihi batas kecepatan maksimum
- melihat sinar tajam tanpa kacamata yang sesuai
- dll

Unsafe condition ( kondisi tidak aman )
Semua kondisi disekitar tempat kerja kita yang mengandung potensi bahaya ( hazard ) , contohnya seperti :
- pencahayaan yang kurang
- suara bising yang terus – menerus dan berlebihan
- kabel listrik berserakan
- dll

Mengeliminasi penyebab langsung kecelakaan hanya bersifat sementara , tidak permanen sedangkan menghilangkan penyebab dasar bersifat tetap ( Insya Alloh dibahas selanjutnya. )

Akhirul ...mari jadikan pola pikir dan tingkah laku aman menjadi budaya dimanapun kita berada dan apapun yang kita kerjakan .

Jayalah Industri Indonesia ...!!!


Read More..